Jumat, 27 April 2012

Demonstrasi Sebagai Simbol Perlawanan


Demonstrasi merupakan luapan emosi para mahasiswa pada umumnya, yang dilakukan karena adanya sebuah kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat , dengan landasan agar terciptanya sebuah demokrasi yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Mahasiswa adalah kaum intelektual yang merupakan aset nomor satu bangsa, maka dari itu merekaa dengan modal ilmu dan wawasannya, akan memunculkan keberanian untuk melakukan sesuatu yang menurut mereka layak untuk dilawan.

Demonstrasi biasa dikait-kaitkan dengan hal-hal yang negatif dan menjurus kepada kekerasan, dan itulah yang sering menjadi perspektif masyarakat sehingga mereka sering menganggap demonstrasi tiada mamfaatnya dan malahan sering terjadi sebuah kerushan yang luar biasa karena demonstrasi.
jenis-jenis mahasiswa itu ada tiga setahu saya, pertama itu mahasiswa akademis,mahasiswa hedonis dan mahasiswa aktivis. Mahasiswa aktivis inilah yang biasanya menjadi anggota sekaligus kordinator dari sebuah aksi tersebut.

Demonstrasi sebenarnya menunjukkan rasa prihatin dan empati dari sebuah realita yang terjadi lantas menjadi sebuah kerugian terhadap suatu pihak dan pihak lain mendapatkan sebuah keuntungan tersendiriri dari kebijakan tersebut.
dari sinilah mahasiswa tersebut mulai bergerak dan menyebarkan ancaman terhadap sebuah ancaman, karena mereka tidak ingin sesuatu yang buruk bagi rakyat dan secara tidak langsung bagi dirirnya sendiri.
 
Seseorang yang turun aksi terus ikut menyuarakan pendapatnya dalam sebuah wacana, itu tidak sembarang orang melainkan kaum intelektual yang sudah terlati dan berpengalaman karena kita dibutuhkan untuk beretorika di depan umum dan itu butuh seseorang yang intelektual.


Kebersamaan dan persatuan juga dapat terwujud selain semangat yang membara ketika kita melakukan aksi demonstrasi.

Banyak hal yang bisa kita peroleh ketika kita ikut Aksi demonstrasi, pertama kita bisa tahu bagaimana kita mempertahankan hak dan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik, kedua kita juga bisa tahu bagaimana sebenarnya demonstrasi yang menurt orang itu negatif, tapi pada saat kita masuk di dalamnya itu tidak seperti yang mereka bayangkan. dan masih banyak lagi hal positif lain yang bisa kita dapat dari sebuah aksi .

Dan ketika kericuhan terjadi, itu tidak sepenuhnya menjadi sebuah kesalahan dan hal negatif, karena pada saat kita ingin berniat untuk demonstrasi secara normal dan hanya ingin suara atau aspirasinya di dengar dan di realisasikan, maka ketika mereka melakukan aksi, lantas dihentikan oleh sebuah aparat yang ingin menghentikan niatnya yang baik itu, tentulah kita akan marah, dan polisi harusnya bertanggung jawab karena dialah biang dari semua kerusuhan ini, mahasiswa hanya orasi tapi polisi meminta rusuh.

Jadi, aksi akan berlangsung baik ketika polisi dan objek yang di demo bisa menerima dan mendengar aspirasi dari mahasiswa tersebut. karena mahasiswa pada dasarnya hanya menginginkan untuk di dengar.

Makasih, aksi adalah mereupakan simbol sebuah perlawanan dari mahasiswa atau pihak lain yang merasa haknya itu tidak diberikan dan ada atas dasar ketidak adilan pemerintah dalam melihat sebuah kejadian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar