Jumat, 27 April 2012

Perilaku Organisasi

   Perkataan organisasi sering kita kaitkan dengan Departemen Pemerintahan, Pemerintahan daerah, Perusahaan Negara, Perusahaan Swasta, Rukun warga, Rukun tetangga, Partai Politik Dll.
Memang betul semuanya itu adalah sebuah organisasi, tapi didalam pembahasan saya kali ini yang dimaksud dengan organisasi sialah setiap bentuk kerjasama antara manusia yang terikat oleh suatu ketentuan yang bermaksud untuk mencapai tujuan bersama.

   Organisasi adalah sebuah perkumpulan yang lebih dari satu orang, yang mempunyai sebuah tujuan bersama yang ingin di wujudkannya. Didalam sebuah organisasi ada satu orang yang menjadi penanggung jawab untuk mengkordinir anggotanya dalam skala aktifitas dan fasilitasnya.
Organisasi haruslah mempunyai struktur untuk membentuk aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan yang ingin dia lakukan untuk mencapai tujuan mereka itu.

    PERILAKU ORGANISASI


    Sebagai suatu bidang study, perilaku organisasi mencakup semua aspek yang berhubungan dengan tindakan manusia yang tergabung dalam sebuah organisasi atau kelompok kerja sama, seperti pengaruh pengaruh organisasi terhadap manusia dan jga sebaliknya : Pengaruh manusia itu sendiri terhadap organisasi. Namun demikian, pembahsan  akan lebih ditekankan pada bagaimana perilaku manusia akan mempengaruhi efisiensi dan efektifitas suatu organisasi.
    
    Secara sederhana, dalam mengetahui perilaku organisasi tercakup 4 unsur utama, yaitu :

1. Aspek psikologis tindakan manusia itu sendiri, sebagai hasil study psikologi.
2. Adanya bagian lain yang diakui cukup relevan bagi usaha mempelajari tindakan manusia dalam organisasi, Uang adalah salah satu faktor yang kita pertimbangkan mengapa seorang memasuki suatu organisasi.
Oleh sebab itu, Ilmu ekonomi juga perlu untuk dipelajari untuk bagaimana kita mengatur dan membaurkan diri di sebuah organisasi.
3. Perilaku organisasi sebagai sebuah disiplin, mengakui bahwa individu dipengaruhi oleh bagaimana organisasi di atur oleh siapa yang mengawasi mereka.
Oleh karena itu, struktur organisasi memegang peranan sentral dalam membahas perilaku organisasi.
4. Walaupun didasari akan adanya keunikan masing-masing individu, perilaku organisasi lebih banyak menekankanpada tuntunan maneger bagi tercapainya tujuan organisasi secara keseluruhan.
Jadi secara umum, selalu di usahakan agar usaha masing-masing individu selaras dengan tujuan organisasi.

    Dari uraian tersebut diatas, dapat disimpulakn beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebagai bahan pelajaran.
Pertama, perilaku organisasi adalah suatu bidang yang interdisiplinr dan memanfaatkan hasil dari cabang ilmu yang lain.
Kedua, walaupun mendapat sumbangan dari ilmu lain, bidang ilmu, tetap dapat berdiri sendiri, karena pusat perhatiannya pada perilaku manusia dalam berorganisasi.
Ketiga, Perilaku organisasi memberikan arah dan petunjuk bagi pencapaian tujuan organisasi dengan yang lebih baik.
Hal ini berbeda dengan psikolog dan sosiolog yang 'hanya' memberi bantuan untuk mengertidan menguraikan tindakan seseorang atau kelompok,sedangkan perilaku organisasi bersifat penerapan.
Dengan kata lain, Perilaku organisasi berhubungan dengan pemamfaatan penegetahuan bagi pencapaian tujuanorganisasi sebagaimana yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar